portofolio day 2

 materi 1

KORUPSI 

Korupsi adalah tindakan melawan hukum yang merugikan keuangan negara dan perekonomian, serta kesejahteraan dan kepentingan umum.

unsur korupsi yaitu: merugikan keuntungan negara, melanggar hukum, menguntungkan diri sendiri, orang lain, dann koporsal.

30 jenis korupsi:

 1. Menyuap pegawai negeri;

2. Memberi hadiah kepada pegawai negeri karena jabatannya;

3. Pegawai negeri menerima suap;

4. Pegawai negeri menerima hadiah yang berhubungan dengan jabatannya;

5. Menyuap hakim;

6. Menyuap advokat;

7. Hakim dan advokat menerima suap;

8. Hakim menerima suap;

9. Advokat menerima suap; 

10. Pegawai negeri menggelapkan uang atau membiarkan penggelapan;

11. Pegawai negeri memalsukan buku untuk pemeriksaan administrasi;

12. Pegawai negeri merusakan bukti;

13. Pegawai negeri membiarkan orang lain merusakkan bukti;

14. Pegawai negeri membantu orang lain merusakkan bukti;

15. Pegawai negeri memeras;

16. Pegawai negeri memeras pegawai negeri yang lain;

17. Pemborong membuat curang;

18. Pengawas proyek membiarkan perbuatan curang;

19. Rekanan TNI/Polri berbuat curang;

20. Pengawas rekanan TNI/Polri berbuat curang;

21. Penerima barang TNI/Polri membiarkan perbuatan curang;

22. Pegawai negeri menyerobot tanah negara sehingga merugikan orang lain;

23. Pegawai negeri turut serta dalam pengadaan yang diurusnya;

24. Pegawai negeri menerima gratifikasi dan tidak melaporkan ke KPK;

25. Merintangi proses pemeriksaan perkara korupsi;

26. Tersangka tidak memberikan keterangan mengenai kekayaan;

27. Bank yang tidak memberikan keterangan rekening tersangka;

28. Saksi atau ahli yang tidak memberikan keterangan atau memberi keterangan palsu;

29. Seseorang yang memegang rahasia jabatan, namun tidak memberikan keterangan atau memberikan keterangan palsu;

30. Saksi yang membuka identitas pelapor.


materi 2

MADZHAB POLITIK ADA 3:

ada tiga mazhab politik yang dianut oleh para politikus Muslim. Pertama, mazhab Ahlussunnah Waljama'ah, kedua mazhab Muktazilah, dan ketiga mazhab interest 


SIKAP KEMASYARAKATAN NU

Sikap Kemasyarakatan NU yang ramah, damai, lembut dan toleran ini bersumber dari 4 (empat) prinsip ajaran Islam Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang dicontohkan Rasulullah Saw. dan para sahabatnya berikut ini:
Pertama, bersikap at-tawassuth, artinya bersikap di tengah-tengah, sedangsedang, tidak ekstrim kiri ataupun ekstrim kanan.

Kedua, bersikap at-tawazun, artinya seimbang dalam segala hal, terrnasuk dalam penggunaan dalil ‘aqli (dalil yang bersumber dari akal pikiran rasional) dan dalil naqli (bersumber dari Alquran dan Hadits

Ketiga, bersikap al-i’tidal atau tegak lurus

Keempat, bersikap tasamuh atau toleransi, yakni menghargai perbedaan serta menghormati orang yang memiliki prinsip hidup yang tidak sama. Namun bukan berarti mengakui atau membenarkan keyakinan yang berbeda tersebut dalam meneguhkan apa yang diyakin


materi 3

PERAN MAHASISWA DALAM  KEPEDULIAN LINGKUNGAN UNTUK KESEHATAN DAN PERWUJUDAN INDONESIA EMAS


VISI INDONESIA MAJU DAN SDM UNGGUL BAHWA: TIDAK ADA CARA YANG LEBIH EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MANUSIA SUATU BANGSA SELAIN MELALUI JALUR PENDIDIKAN

apasih resiko? adalah akibat kurang menyenangkan dari suatu perbuatan atau tindakan yang merugikan dan membahayakan

manajemen resiko: ( kenali apa potensi bahaya, kenali apa resiko, kendalikan resiko)

pengendalian resiko yaitu:

1.lakukan unsur 5R (ringan, rapi, resik, rawat, rajin)

2.lakukan unsur 5S (seiri seiton, seiso,seiketsu, shitsuke)


materi 4

THE INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0

revolusi industri adalah proses transisi ke manufaktur baru di Eropa dan Amerika Serikat (AS), pada periode antara 1760 hingga 1820 dan 1840. Transisi ini termasuk beralih dari produksi tangan ke mesin, manufaktur kimia baru dan proses produksi besi, mesin, peningkatan tenaga uap dan tenaga air dan lahirnya sistem pabrik mekanis. Revolusi industri juga menyebabkan peningkatan laju pertumbuhan.
Revolusi industri sudah tercatat dalam sejarah terjadi sebanyak tiga kali dan manusia pada masa kini sedang mengalami revolusi yang keempat.
Oleh karena itu, mari mengulas sejarah revolusi industri 1.0, 2.0, 3.0 dan 4.0.


KONSEKUENSINYA ADALAH DUNIA AKAN MENJADI DIGITAL

kesalahan yang harus dihindari:( tidak konsisten, terlalu fokus pada diri sendiri, tidak memanfaatkan teknologi)


materi 5 

LMS ADALAH PERANGKAT LUNAK YANG DIRANCANG UNTUK MEMBUAT, MENDISTRUBUSIKAN, DAN MENGATUR PENYAMPAIAN MATERI PEMBELAJARAN.

keuntungan belajar dengan memanfaatkan LMS:

1.waktu belajar jadi lebih efisien karena pembelajaran online dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

2.memudahkan aktifitas kuliah seperti quis, tugas, upload materi, diskusi interaktif.

3.mempermudah dosen untuk mengumpulkan dan menganalisis data hasil perkuliahan mahasiswa dengan waktu yang lebih singkat.

4.metode pembelajaran LMS yang menggunakan beberapa teknologi informasi berupa gambar, suara, animasi, video, dan teks membuat materi pembelajaran lebih mudah dipahami dan tidak membosankan.

5.mendorong mahasiswa untuk melakukan pembelajaran mandiri.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

resume Unusa Menerima Apresiasi dan Hibah Buku dari Program Inovasi

ESSAY MASA DEPAN DAN MASA LALU (PRODI)